Posted by: widnug | 22 March 2009

Re-Build 1973 Honda CB-100

imgp0606-b1Ya…sebuah Honda CB-100 tahun 1973..saya dapatkan dalam keadaan tidak hidup, suratnya juga sudah mati 5 tahun..wah…..tapi saya sudah tekad untuk membangun kembali sang “pangeran”.
Motor tersebut rupanya telah di t
inggal pemilik lama yang wafat tahun 2004 yang lalu. Menurut keluarganya, motor ini di tinggal dalam keadaan hidup namun mesinnya pincang. Diangkut dengan mobil Suzuki APV sang “pangeran” yang di masa peredarannya mencatatkan penjualan yang sukses, tidak hanya di Asia namun juga diAmerika & Eropa itu akhirnya sampai di rumah.

STNK & BPKB terlihat rapih dan masih sangat bagus. Dan yang paling menyenangkan, ternyata saya mendapat warna yang buat penggemar Honda CB adalah warna langka / Harta Karun, yaitu Biru-Hitam. Rencana saya merestorasi motor ini kembali seperti dahulu ketika keluar dari show room.

Langkah awal, saya melepaskan semua parts yang ada di motor tersebut (STRIP-OUT) menjadi pieces. Segera rangka, tangki serta tutup Box serta parts yang memerlukan cat seperti Swing-Arm, Box Air Filter, Tromol, Bottom shock depan , Batok lampu dll saya bawa ke bengkel langganan Ayah saya, PATRA MOTOR yang sejatinya adalah bengkel untuk mobil VW & AMC Jeep.

Untuk mesin, saya Strict mau membangun Original Classic Bike supaya motor awet dan tidak rewel dalam perawatan, maka saya menjejalkan onderdil orisinal (Honda Genuine Parts) ke dalam “tubuh” mesinnya. Bengkel mesinnyapun saya pilih yang spesial : AHASS DUNIA MOTORINDO-Ciputat. Fyi, Dunia Motor terkenal dengan Honda NSR-150 kencangnya serta saat ini mereka juga memiliki team balap JTHRC Dunia Motorindo. Begitu mesin “di belah”, saya mau nangis, 90% partsnya sudah “meninggal” semua atau sudah harus pensiun termasuk yang termahal Crank-Shaft dan Blok mesin…waduh……Jadi yang tersisa cuma Crank case & Cyl. Head, begitu juga dengan karburator begitu di buka mangkoknya ada bubuk putih. Itu adalah bekas bensin yg mengendap selama 5 tahun jadinya si karbu juga sudah lama jadi “Almarhum”.

Kelanjutannya, tunggu part-2 ya rekan-rekan

Domo Arigato



Responses

  1. mantap wid …. ayo ditunggu nih cerita selanjutnya ….

    • Siap pak..tenang ajah…hehehehe to be continued kok

  2. pertamax hahaha……..

    • Tidak yg per-1 Mit….heheheheheh


Leave a Reply

Categories

