Posted by: widnug | 22 March 2009

Re-Build 1973 Honda CB-100 (part-2)

cbOhayo….

Membangun kendaraan yang cukup umur butuh kesabaran dan ketelitian. Harus sabar karena Spare-Parts yang di perlukan harus di Hunting. Harus teliti karena motornya sudah jarang banget yang Fully Original di jalan!! Bila juga ada, pastinya jarang sekali yang di bawa jalan  sama pemiliknya tiap hari,jadi mencari Role Model-nya juga sulit. Beruntung setelah Googling Internet, saya mendapatkan banyak referensi. Untuk Indonesia, ada satu milis yang berisi info-info penting seputar motor tua, baik itu Eropa, Amerika maupun Jepang. Banyak sekali parts original yang saya dapat dari milis tersebut. Websitenya adalah :

http://www.classic-motorcycle.org/

XBANNER 60 x160Dimulailah perburuan parts original dari sang “pangeran”. Sulit, tetapi begitu mendapatkan parts original apalagi yang cukup langka bangganya bukan main.

Untuk pengecatan, saya hanya perlu tiga warna, Hitam, Silver dan Putih. Hitam untuk bagian rangka, Silver untuk shock depan, tromol, segitiga atas dan putih untuk warna dasar tangki dan tutup box yang orang Jawa menyebutnya “kempol”. O ya untuk hitam saya menggunakan merek Kardiac, tapi yang putih saya pakai DUPONT CENTARY dengan pernisnya DUPONT CLEAR COAT yg harganya lumayan. Berikut hasilnya :

imgp0672-b1 imgp0681-b1 imgp0710-b

Putih?? Khan warnanya Biru-Hitam?? O..ya djaman doeloe, warna putih itu adalah warna dasar sehingga warna biru hitam itu diambil dari stiker yang ada di tangki. Note, tutup box sudah ada emblem CB-100nya, original NOS (New Old Stock) MADE IN JAPAN.

imgp0680 imgp0845 imgp0679

Untuk mesinnya, banyak yg menyarankan agar di krom atau di cat saja. What??NO!!!..Jalan tengahnya, chasing mesin saya rakit, lalu saya bawa ke GALERI ALTERNATOR Jln. H. Nawi untuk di Shoot Blast. Mereka ada alat itu dan hasilnya sungguh indah…

imgp0702-b imgp0704 imgp0707

 



Responses

  1. mantaps bro…
    sugoi..

  2. I knew its takes alot of Patience and a lot of money
    But its a nice works keep it..

    Regrads

    Agung DP

  3. mohon dikasih info untuk stiker cb glatiknya dapatnya dimana? terus harganya berapa? soalnya saya mau bangun cb glatik saya yang warnanya merah hitam….makasih ya infonya……tolong kirim di mail : onoklas@ymail.com
    thank you very much………………

    • Itu Custom Pak..bikin, kebetulan ada teman yang mau bikinkan..OK nanti saya e-mail sekalian harganya

  4. bro klo mau benerin mesin cb yg yahud…dimana…tapi ngak dikorek/diapa2in…mau ttp ori bro!!!tp cdi…

    thanks ya..

    • Wah sampean dimana? Banyak kali yang bisa benerin mas, klo tempet sy benerin silahkan liat di Part-1nya thread ini….Main Ori? Waduh sama donk classic original niy, isi mesin saya juga semua Brand New Original Parts niy..heheheh..CDI? kepikiran siy, tapi keknya biar Orisinil mending platina saja, cuma mau saya rubah ke 12V biar ga ngerepotin..

  5. salam kenal mas…wah cbnya keren mas…mas harga emblem dop cb 100 berapa ya….makasih infonya..merdeka!!

    • Wah….saya beli baru ori…agak mahal mas…

  6. kerennnn jadoel bgt, bro workshponya dimana?

    • Terima Kasih
      Ada tuw, saya tulis di Blog saya

  7. Some of the most interesting, groundbreaking, or just plain weird motorcycles that have been built over the past 100 years.

    • Thanks….
      This one is Legendary……

  8. Mas dimana cari perniknya

  9. Mantap, PR nya dikerjain dgn baik..
    pertanyaan dong bro..

    itu teknik menge list / striping di tangki bisa rapih gimana yah ? boleh dong dikasih tau… trus warna biru nya pake biru apa ya ?

    ooh, jadi tabung shock, tromol2 dan segitiga atas di cat silver yah ? hmm..

    trus bro, ongkos sanblasting di H. Nawi habis duit ya bro ?

    ma acih.. btw cb nya se aliran nih bro.. mampir yah ke flickr gw..

    Salam
    RAZER

    • Stikernya bikinan temen saya mas….Kenapa rapih, karena motongnya pake mesin bukan pake tangan..wah saya kurang paham biru apa, saya cuma kasih foto referensi saja, jadi temen yg nyocokin warnanya.

  10. oh ya satu lagi kelupaan,
    kasih liat swing arm bulet nya dong bro.. pingin liat nih..
    gw pake juga, tapi bukan ori nya nih, jadi tutup rante model pistol an yg kayak di gbr referensi nya bro, gak bisa dipake..

    udah bela2 in beli di ebay, tapi gak kepake, gara2 swing armnya kurang panjang dan sistem baut silang nya gak ada di swing arm lokal..

    thanks

    • OO…gitu, duh ribet amat mas beli sampe E-bay..la wong di tanah air tuw banyak kok..mau yg ori baru, 2nd sampe yang ga ori juga banyak….Iya nanti saya mau bikin lagi kok part III dr restorasi ini…

      Thanks

  11. mas jl.H. Nawi di jakarta pa dmna? neh,,,..🙂

    thanks

    cp : nawir25@gmail.com

  12. mantap bangunannya

  13. bos sandblash di haji nawi abis berapa? kalo sempet kasih tau bos 081514252245 makasih berat…..

    • Klo Ga salah sekitar 500 rban…satu gelondong mesin

  14. was bener2 ruaarrr biasan bravo buat masnya..cbna koolllkas banget pokoke…salam dari arek suroboyo,..BTW nitip sticker merah hitam bisa nggak ? email aku ya bos

  15. klo ada tangki cb 100 glatik + sayapnya ama tulisan honda ORISINIL!!!!HUBUNGI aku

  16. shock breker depan cb 100 masih ada g? tlng bls k email

    • Rasanya masih ada…tapi ya bekas…Tabung bawahnya khan???

  17. Mas tolong beri saya info dimana saya dapat beli Emlem CB100 untuk tangki dan dop aki, saya penggemar dan pemilik cb dan saya fans panatik cb. makasih ya

    • Maaf br bisa balas…

      Cb Kontak Kang Nano..or..buka website yang ada di Blog saya ini…disitu banyak yang jual kok pak

  18. coba emblem yg di tutup filter ..??? ga bener itu .. lom beres.. emblem kiri di pasang di kanan. yang satu nya seh dah bener .. yang kiri itu “nge ganjel bro” .. emblem kiri kok di pasang di kanan, NOS seh iya tapi bukan tempat nya di situ … anda perlu yang pas ? hubungi saya .. harga bisa di atur.

    • Wah itu mah memang lom dipasang pak, baru di taro doangan makanya keliatannya ngeganjel…Wah Terima Kasih sudah saya pasang sendiri kalau seperti itu saja, terima kasih atas bantuannya

  19. mantabz sob… tapi klo cari spare parts nya CB 100 dmn ya??aku dari Bali sob.. thanks.

    • Wah..coba buka websitenya ajah mas…ada kok di Blog saya sebelumnya, saya peseb bayar Via ATM, trus kirim ke rumah

      Thanks

  20. btw cari tutup aki CB n jok CB dimana?

    • Tutup Aki saya dapet sama Leonardi

      Jok Saya beli dr : Kang Nano

  21. lam kenal bos mau naya mesinnya pakai cat apa

    • Halo pak

      Buka di cat pak..tapi di Shoot-Blast…jadi di semprot dengan biji pasir kecil dengan tekanan tinggi..keren ya..
      Saya seneng warna orisinilnya karena memang thema motor Retro classic

  22. wauw… matep om, jd nyesel ni cb q dibrondolin,tanki ma tutup samping dapat dimana om,hrga brapa?

    • Halo Mas Addie..

      Hehehehe..biasanya klo yg brondolin motornya itu sudah frustrasi duluan buat bangunnya, padahal nyari partsnya asal sabar dan ulet dapet kok..Maklum Motu

      Tangki masih ada pas saya beli, tutup samping beli sama Mas Agung Jogja


Leave a Reply

Categories

